Pages - Menu

Blogger templates

Blogger news

Selamat Datang di Blog ini :) "Mari Sisihkan Sebagian Rejeki Kita Untuk Panti Asuhan, Panti Jompo, Fakir Miskin, dan Orang Sakit Yang Tidak Mempunyai Dana"

Selasa, 09 September 2014

BELAJAR BAHASA INGGRIS SECARA OTODIDAK (STEP BY STEP)

Apa kabar teman-teman?
Mudah-mudahan semua yang sedang baca artikel ini pada sehat wal'afiat dan panjang rejeki semua, kaya jalan tol :D

sumber : www.kabarinews.com
Pada Selasa malam ini saya ingin share sedikit cara-cara belajar bahasa Inggris secara otodidak (belajar sendiri tanpa bantuan guru) yang sudah saya dan juga teman-teman praktekkan sendiri dan cukup berhasil.

Banyak teman yang bertanya ke saya bagaimana caranya supaya bisa jago bahasa inggris, tentu saya menjawab nomer satu caranya ya kamu harus ikut kursus private di lembaga kursus, karena kursus memberikan pelajaran yang lengkap untuk bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar.



Cuma kadang karena satu dan lain hal, banyak diantara kita yang tidak bisa ikut kursus, entah karena terbentur masalah waktu, biaya, dan sebagainya. Terus ada gak cara lain biar bisa bahasa inggris tanpa ikut kursus?
Jawabannya ada, yaitu cara otodidak dengan langkah-langkah (versi saya sendiri :D)
sebagai berikut:

1. Siapkan Kamus,
Bisa beli kamus di toko buku, atau install aplikasi kamus di handphone, sekarang kan udah banyak tuh aplikasi kamus gratis

2. Siapkan 1 buah DVD film, boleh beli (yang original jangan bajakan :D) atau pinjam,
Terus putar tu film di laptop atau di DVD Player, inget ya film barat kaya film Amerika atau Inggris, maksudnya apa? maksudnya adalah biar sekalian belajar mendengar kata per kata dalam bahasa inggris (Listening). Soalnya kalau film Asia walaupun subtitlenya bisa dipilih dalam bahasa Inggris, namun dialognya kebanyakan ya memakai bahasa asal negaranya.

Sewaktu filmnya diplay pilih subtitle Inggris ya, inget lo yang tulisannya English, jangan Indonesia ya, pas ditonton terjemahin satu-satu katanya pake kamus yang sudah disiapkan sebelumnya. kalo gitu cape dong? ya memang cape, cuma memang ini tantangannya, 1 film ini harus ditonton sampai habis sambil diterjemahkan, kalo belum selesai 1 film ini ga boleh ganti film lain, jangan manja.

Boleh sambil siapin cemilan, karena bakal lama, film yang durasinya
2 jam bisa jadi 4 jam :D wwkwkkw

3. Siapkan 1 buah lagu Barat yang anda suka,
Cari liriknya di Internet, terjemahkan artinya dan nyanyikan lagu itu sesering mungkin.

4. Cari teman yang kira-kira udah bisa atau sedang belajar bahasa Inggris juga,
Ajak dia ngobrol bisa lewat sms/bbm/chatting/ngobrol langsung, kalo awalnya masih belepotan itu wajar nanti lama kelamaan lancar, kalo tidak ada teman yang sudah bisa bahasa inggris bagaimana? cari kenalan di luar negeri (bisa lewat facebook), orangnya mesti dari negara Amerika atau Inggris ya, soalnya kalo dari negara lain misalnya dapet kenalan yang lancar inggrisnya sih bagus, tapi kalo dapetnya yang lebih belepotan dari kita, kaya bebek ketemu ayam deh.
Otomatis waktu ngajak kenalan pun anda pasti mau tidak mau menggunakan bahasa Inggris bukan?

Dengan melakukan langkah-langkah di atas kemampuan kosakata (Vocabulary) dan membaca (Reading) bahasa inggris akan meningkat lewat kamus dan film, kemampuan mendengar (Listening) serta berbicara (Speaking) juga akan meningkat lewat lagu dan lewat komunikasi dengan teman yang sama-sama menggunakan bahasa inggris.

Setelah selesai 1 film dan 1 lagu tugas belum selesai, pada minggu kedua carilah film lain untuk ditonton dan lagu lain untuk didengar, untuk yang film dan lagu kedua ini proses belajar kita akan lebih mudah, tidak akan sekaget yang pertama dan belajar akan terasa lebih menyenangkan. Setelah selesai menonton film kedua dan mendapatkan lagu kedua, di minggu selanjutnya cari lagi film dan lagu baru. Intinya setiap minggu harus ada 1 film dan 1 lagu baru.

Dengan melakukan cara-cara di atas paling tidak minimal 3-6 bulan sudah terasa hasilnya, anda sudah bakal meningkat kemampuannya.

Tentu tidak sebagus ikut kursus, tapi lumayan daripada tidak bukan?
Karena prinsipnya 1 adalah lebih baik daripada hampa.

Terima Kasih Atensinya
Salam Dashyat
Jimmy Anggada Putra

4 komentar:

  1. Terimakasih banyak ka, tapi saat nonton film bahasa ingris dgn text se greget itu harus di selesaikan 1 hari teng atau bergiliran ka, atau di ulang2, mohon di jawab ya ka?

    BalasHapus
  2. Sory Ahmad Naufal baru sempat jawab pertanyaannya skrg,
    untuk nontonnya harus diselesaikan dalam 1 hari dilanjutkan besoknya nonton film yang berbeda, dikarenakan kalau diulang-ulang nontonnya akan timbul rasa bosan, jika ditunda-tunda ga selesai nontonnya dalam 1 hari itu akan timbul malas, memang berat awalnya tapi percayalah, hasilnya sesuai perjuangannya :D

    BalasHapus
  3. Makasih atas artikel ka . klau bloh saya ingin minta no wa ka.. Bair bingun langsung chat lwat.. Maksaih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. no WA sudah saya cantumkan di contact, sory ya baru balas, baru lihat soalnya, kalo medsos skrg saya lebih aktif di facebook

      Hapus